Pages

Saturday, October 24, 2015

Tugas Bahasa Indonesia (8)

PELAJARAN 2
(Tugas ke – 8)

Nama Anggota Kelompok :
1. Akhirul Insan                      (01 / XII-IPS-1)
2. Alfira Ellena                        (02 / XII-IPS-1)
3. Luthfia                                (15 / XII-IPS-1)
4. Sharfina Rastha                   (24 / XII-IPS-1)

(Jawaban berwarna biru)
Kalimat
Keterangan
Verba transitif
Verba pewarta
Sejumlah pejabat Iran, Amerika Serikat, dan Uni Eropa, Senin (9/6), akan memulai pembicaraan bersama selama dua hari tentang program nuklir Iran.
-     Senin (9/6)
-     Selama dua hari tentang program nuklir Iran
-    Akan memulai
-
Delegasi Iran akan memberikan kata pembukaan sebagai bagian dari upaya menyelamatkan negosiasi yang sebelumnya terancam goyah dan mengakhiri perselisihan yang telah berumur satu dekade.
-     berumur
-     satu dekade
-     mengakhiri
-     memberikan
-  menyelamatkan
-
Dalam tayangan televisi di Iran, Wakil Menteri Luar Negeri Iran Abbas Araqchi mengatakan bahwa pertemuan di Geneva, Swiss, itu juga membahas sanksi yang telah merusak ekonomi negara yang sangat bergantung pada minyak tersebut.
-    di Iran
-    di Geneva, Swiss
-    sangat bergantung pada minyak
-    telah merusak
-    membahas
-     mengatakan
Dalam pertemuan ini, Araqchi akan bertemu, antara lain, Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa Chaterine Ashton dan Direktur Politik UE Helga Schmidt. Sementara delegasi AS dipimpin oleh Wakil Menteri Luar Negeri William Burns dan penasihat Gedung Putih Jake Sullivan.
-      dalam pertemuan
-      Chaterin Ashton
-      Helga Schmidt
-   akan bertemu
-
Sebelumnya, perdungingan mengenai program nuklir Iran yang digelar di Vienna, Austria bulan lalu berlangsung alot dan kurang memuaskan. Setiap pihak masih menyimpan prasangka bahwa pihak lain memiliki tunturan yang tidak realistis dalam negosiasi tersebut.
-      Vienna, Austria, bulan lalu
-     menyimpan
-     memiliki
-
Pada satu sisi, Barat menduga dibalik program pengayaan uranium untuk tujuan sipil, Iran memiliki ambisi membuat senjata nuklir. Sementara Iran menegaskan, pengayaan nuklir yang mereka kembangkan semata-mata untuk menghindari ketergantungan pada pemasok bahan bakar reaktor nuklir mereka.
-     untuk tujuan sipil
-     untuk menghindari
-    memiliki
-    menduga
-    membuat
-    menghindari
-    menegaskan
-    menegaskan
Bagi Iran, pertemuan di Geneva, pada Senin dan Selasa ini menjadi kesempatan mengakhiri sanksi internasional. Sementara bagi AS dan sekutunya, pertemuan tersebut menjadi kesempatan untuk memastikan bahwa Iran tidak sedang membangun bom nuklir.
-      di Geneva
-      pada senin dan selasa
-      untuk memastikan bahwa
-    menjadi kesempatan mengakhiri
-    tidak sedang membangun
-
Kehadiran delegasi AS di Geneva tersebut dilihat mencerimnkan keinginan Washington untuk memecahkan kebuntuan proses perudingan sebelumnya.
-      Di Geneva
-      Untuk memecah kebuntuan
-    memecah
-
“Pertemuan tersebut benar-benar menguji keseriusan kita, apakah kita bisa mencapai solusi diplomatic dengan Iran mengenai
-       Dengan Iran
-    menguji
-
program nuklirnya. Kami percaya kita perlu untuk terlibat dalam diplomasi yang sangat aktif dan sangat agresif.” kata seorang pejabar senior AS kepada Reuters.
-      kepada Reuters
-    percaya
-   kata
Tim kecil yang mewakili AS merupakan tim kecil yang pernah berhasil mengajak Iran untuk kembali ke meja perundingan bersama Inggris, Tiongkok, Prancis, Rusia, AS, dan Jerman (P5+1) tahun lalu.
-
-    mewakili
-   mengajak
-  merupakan
Araqchi dengan gembira menyambut kehadiran Burns dan mengungkapkan harapannya bahwa pertemuan kali ini akan berjalan lancer dan positif.
-
-
-  mengungkapkan
Seorang pejabar senior AS mengatakan, pembicaraan di Geneva tersebut memberikan kesempatan untuk bertukar pandangan sebelum perundingan putara berikutnya dengan P5+1 di Vienna. Pertemuan tersebut direncanakan akan digelar pada 16-20 Juni.
-    di Geneva
-    di Vienna
-     memberikan
-   mengatakan

No comments:

Post a Comment