Pages

Sunday, September 13, 2015

Tugas Bahasa Indonesia (4)

PELAJARAN 2
(Tugas ke – 4)

Nama : Alfira Ellena Marshaina M.
Kelas / No. Absen : XII – IPS – 1 / 02

Hal. 90 nomor 7
NB : Jawaban yang berwarna biru. 

Paragraf ke -
Kalimat ke -
Peristiwa
1
1
Duta Besar Amerika Serikat untuk Jepang Caroline Kennedy menjalani “kencan” istimewa dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, Sabtu (12/4)
2
1
Di tengah hawa sejuk awal musim semi dan keindahan pemandangan bunga sakura di lereng Gunung Fuji, Abe mengajak Kennedy berjalan-jalan dengan kecepatan tinggi.
3
1
Hari itu, Abe mengajak Kennedy menjajal kereta api (KA) magnetic supercepat yang akan ditawarkan kepada AS.
4
1
Dengan menerapkan teori dasar magnetism bahwa kutub magnet yang sama akan saling menolak, kereta tanpa roda ini akan terangkat 10 sentimeter dari relnya saat diaktifkan.
5
1
Abe dan Kennedy memulai perjalanan mereka dari Stasiun Yamanashi Maglev Test Line di dekar Gunung Fuji.
5
2
Sambil tersenyum, Abe pun menunjukkan keunggulan teknologi Jepang kepada duta besar Negara sekutu utamanya itu.
6
1
Di tengah perjalanan, KA yang mereka tumpangi sempat menyentuh kecepatan 505 kilometer per jam atau setara dengan kecepatan jelajah pesawat penumpang bermesin turboprop ATR 72.
7
1
Menurut operator KA special ini, Central Japan Railway, pada saat uji coba tahun 2003 silam, keceparan maksimum KA tersebut mencapai 581 km per jam.
8
1
KA maglev inilah yang akan ditawarkan Jepang kepada AS, satu-satunya negatra adidaya yang belum memiliki jaringan KA supercepat.
8
2
Pemerintah Presiden Barack Obama saat ini berinisiatif memulai pembangunan jaringan KA supercepat nasional di AS, yang akan dimulai dengan jalur dari Washington DC ke Baltimore, Maryland, sepanjang 60 km.
9
1
Menurut harian bisnis Nikkei, pihak Central Japan Railway telah memberi penawaran insentif khusus dengan membebaskan biaya lisensi jika AS jadi memilih teknologi maglev Jepang untuk ruas pertama ini.
10
1
Nikkei menambahkan, Pemerintah Jepang berencana membayar separuh dari biaya lisensi sebesar 1 triliun yen (Rp 112,7 triliun) melalui Japan Bank for International Cooperation.
11
1
Meski demikian, Jepang masih harus bersaing dengan negara-negara pemilik teknologi KA supercepat lain, seperti Kanada, Prancis, dan Jerman.
12
1
Usai “kencan” diplomatik tersebut, Abe mengatakan, “setelah saya bisa berbagi pengalaman ini dengan Duta Besar Kennedy hari ini, saya harap dia pun akan berbagi cerita ini dengan Gedung Putih.”
13
1
Kennedy, satu-satunya anak mantan Presiden John F. Kennedy yang masih hidup, menimpali, teknologi maglev tersebut adalah sesuatu yang bisa mendatangkan manfaat besar bagi Jepang.
13
2
“Dan semoga bagi AS juga,” ujar dia.
14
1
Jepang sendiri sedang berencana membangun jalur komersial KA maglev yang akan menghubungkan Tokyo dengan Nagoya di Jepang tengah pada 2027.
15
1
Pada 2045, jalur KA maglev tersebut akan menghubungkan Tokyo dengan Osaka di Jepang barat dan mempersingkat waktu perjalanan dari sekitar tiga jam saat ini dengan KA peluru Shinkansen menjadi hanya sekitar 67 menit.

No comments:

Post a Comment